Pages

Friday, November 4, 2011

part I. Perjuangan Tiada Akhir :p [persiapan keberangkatan 1]


Okay karena ibaratnya "Janji adalah hutang" dan aku janji mau cerita so,

mari kita mulai dengan cerita part I. Perjuangan Tiada Akhir :p [persiapan keberangkatan 1]

Begini ceritanya ...
Mungkin bisa di bilang aku cukup norak pada hal ini. Haha. Secara ini kali pertama aku pergi ke luar negeri dan langsung menuju ke negara yang cukup jauh dari Indonesia bisa dibilang di negera yang ujung deket sama kutub tapi untungnya aku cuma ke Moscow aja jadi ga sampai membeku. Hehe.
Pastinya untuk berkunjung ke negara orang diperlukan surat – surat serta berkas – berkas pendukung seperti  paspor (WAJIB), visa, tanda pengenal, dan lain sebagainya. Sebagai orang yang baru pertama kali mau pergi ke luar negeri pasti ada hal – hal norak yang dia lakukan saat menyiapkan hal – hal tersebut, termasuk juga aku.  Hal yang pertama yang aku siapkan ialah surat undangan a.k.a invitation letter dari Russia yakni dari EO yang mengundang kita untuk join pada acara mereka. Tentunya setelah menerima itu aku langsung membuat PASPOR.. :D

*pasporku fotonya jelek bangettt jadi nggak usah dipublish >___< :p nih ak publish INVITATION LETTER nya aja ..

ini dia kunci terbang gratis ke RUSIA .. haha..  secarik kertas bertuliskan nama dan tanda tangan sang pejabat :p (INVITATION LETTER)


Oh ya aku lupa belum cerita ya tentang kenapa aku bisa pergi ke Rusia gratisan? Hahaha..
Jadi begini... saat itu aku lagi jalan keluar ruang kuliah setelah kuliah siang – siang bikin ngantuk itu berakhir eh tiba – tiba dari belakang ada seorang teman yang tanpa aku sangka bertanya tahun lahirku. #Eh? Aku merasa aneh tiba – tiba dia tanya (begini kira - kira percakapannya)

C : “Um, kamu itu lahir tahun 1992 kan? Lagi free nggak?”
U : “iya.. ya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) ku sih udah kelar jadi ya lumayan free gitu. Kenapa?”  (sedikit bingung linglung gitu)
C: “nggak papa.. kamu lagi ada proyek penelitian nggak?”
U : “proyek penelitian? Iya kalo kemarin sih aku lagi ngerjain PKM kao sekarang karena PKMku dah kelar jadinya ya belum ada proyek lagi. Kenapa sih?” (penasaran)
C : “Bagus! emm aku ada proyek bagus kamu mau join ga?” (#gubrak aku jadi tambah bingung dibuatnya)
U: “Kalo proyeknya jelas dan bener – bener bagus aku sih oke2 aja tapi kalo nggak jelas aku ga janji deh” (#haduh mbak mbak to the poin aja napa aku kan jadi penasaran, [batinku dalam hati :p ... ]sok jual mahal gitu aku :p)
C: “pokoknya bagus deh bagus banget malah.. ya ntar aku calling lagi ya.”
U : “oke”..

Setelah percakapan itu aku kemudian melanjutkan perjalananku untuk keluar kampus secara perutku udah “konser” sejak ngantuk di kelas tadi. Eh waktu lewat di samping fotocopyan kampus mataku tertuju pada mading dan pada salah satu pengumuman di situ. Pengumuman 8th International Junior Forest Contest. Suatu kompetisi research paper dimana diadakan oleh Federal Forestry Agency yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 17 September 2011 di kota Moscow Russia.  Istimewanya kompetisi ini diikuti oleh peserta dengan umur di bawah 20 tahun. Memang kesempatan itu langka dan tidak datang dua kali. “Aku masih 19 tahun!!” teriakku dalam hati. Dan yang bikin aku mupeng ialah jika research papernya “tembus” dan diterima pihak penyelenggara semua biaya dari mulai tiket pesawat PP Indonesia – Rusia, akomodasi, hotel, dan transportasi selama di Moscow ditanggung oleh OC (PANITIA). (Alhamdulillah serasa mimpi banget bisa mendapatkan itu semua.) WOW! Batinku.. aku mulai memikirkan penawaran yang diajukan oleh temanku itu. “Jangan – jangan dia mau ngajakin ikutan itu lagi.” Firasatku berkata. Dan ternyata ... firasatku itu benar!!  

#jengjengjeng.. #backsound :p

Setelah beberapa minggu dari percakapan itu kami pun sepakat untuk bertemu dan membicarakan segalanya. (#cieee)

C : “Kamu punya ide apa?”
U : “Gimana kalo kita cari sesuatu yang berhubungan dengan world issue yang lagi “hot” gitu.. climate change misalnya ato REDD kan lagi ngetrend tuh?”
*lalalalala.. #backsound ... beberapa jam kemudian ...
U : “Merapi!! Kan lagi HOT tuh kasusnya.. bla bla bla.. (lupa ngomong apa aja) ..”

Sejurus kemudian dengan ide seadanya kami mulai berburu dosen bersama –sama. Mulai dari dosen A , B, sampai C kami datangi. Dan sesampainya di dosen (inisial) W kami mulai menemukan inspirasi. Beliau menyarankan agar kami menemui dosen (inisial) SR karena Beliau yang sedang punya “gawe” yang berhubungan dengan ide penelitian “konyol” kami. Tanpa basa basi dengan tampang memelas  (belum sarapan dari pagi L )dan agak bimbang serta ragu karena harus rela mengantri untuk konsultasi bersama dengan kakak – kakak angkatan yang sedang ngurus skripsi akhirnya kami memutuskan untuk PANTANG MENYERAH !! (MAJU TERUUUSSS !! PANTANG MUNDUR!!) #lebai

Setelah mengantri beberapa jam (kalo nggak salah inget :p pokoknya ngantrinya lamaaaa bangeeettt) giliran kami tiba. Dengan langkah yang agak berat kami mulai memberanikan diri untuk maju mengetuk pintu dan bicara. Setelah kami berbicara panjang lebar tentang proyek ini ternyata dosen tersebut memberikan signal positif. (Yeaaahhh!! Alhamdulillah.. batinku) Dosen terbeut mulai memberikan komentar serta usulan – usulan kreatif untuk meluruskan ide kami. Wow!! Betapa senangnya kita mendapatkan apa yang kita cari. (eittsss.. perjuangan belum usai..) Karena saking banyak ide – ide menarik yang dosen tersebut utarakan kami sempat bingung stres bimbang untuk memilih salah satu dari mereka. Secara kami ini masih mahasiswa yang tergolong tingkat menengah jadi dari segi pengalaman apa lagi untuk penelitian semacam ini. Akhirnya kami memutuskan untuk memikirkan semua ide – ide tersebut di kos masing – masing dan kembali keesokan harinya.

Mengapa kepalaku cenat cenut karena kamyu.. #backsound lagi

#Keesokan harinya ...

Yeah akhirnya 1 ide berhasil terseleksi saatnya bergerak ke tingkat yang lebih lanjut. Berangkatlah aku dan temanku itu menaiki tangga lantai 3 gedung lama di kampusku (masih jaman ya naik ke lantai 3 naik tangga? -____-a #MASIH)  dengan sedikit ngos-ngosan (baca : tersengal – sengal) kita menuju ruangan dosen S. Dengan membawa peralatan yang seadanya kami siap untuk bertarung melawan rasa malas dan merintis jalan menuju kesuksesan #4L4Y #yeah!! Sesampainya di ruangan kami telah disambut oleh dosen S yang sedari tadi sibuk mengurusi kerjaan Beliau dari A sampai Z (biasa dosen sibuk). Lalu sekarang giliran kami yang harus diurusi. Kami mulai mengutarakan ide yang telah kami pilih dan ternyata disetujui oleh dosen S. (Alhamdulillah yah..) Beliau kemudian menggiring kami menuju ke tingkat yang lebih tinggi yakni mulai membahas paper, proposal, application, bla bla bla. Hal yang pertama dibahas tentunya paper dan harus ENGLISH.

“Dapet tantangan lagi nih! But it’s okay lah yang penting Bismillah and do the best!! ”, batinku.

Kerangka karangan mulai tersusun. Ide – ide tulisan mulai terkumpul. Tema tulisan kami “Climate Change Impact to Forest Health” Seperti yang kita tahu kan kalau saat ini perubahan iklim itu sedang jadi hot issue di seluruh dunia. Jadi akhirnya kami memutuskan untuk ambil tema Climate Change yang kemudian dihubungkan dengan bidang kami yakni KEHUTANAN. Sebagai salah satu kasus yang nyata kami menyoroti masalah dampak erupsi merapi yang ternyata menyebabkan peningkatan agresivitas dari pathogen (organisme penyebab penyakit.red) penyebab gall rust disease (kanker batang) pada tanaman sengon (Falcataria moluccana) yaitu jamur Urromycladium tepperianum. Karena adanya erupsi merapi tersebut agresivitas dari jamur ini semakin meningkat dari keadaan normalnya. Bla.. bla.. bla.. (puanjaaanggg ceritanya sampai jadi 1 skripsi loh.. hahahha)

Kasus ini ternyata sedang diteliti oleh kakak angkatan inisial FI untuk skripsinya. Kakak ini telah banyak membantu kami dalam menyusun paper ini dan Beliau baru aja wisuda kemarin Agustus (selamat ya Mas...). Nah kami tinggal mengembangkan ide tersebut dan meneliti distribusi dari penyakitnya setelah adanya erupsi merapi. 

Setelah melewati banyak revisi revisi dan revisi abstrak yang hanya 1 halaman pun jadi dan siap dikirim sebagai penunjang aplikasi. Tanggal 14 Juni 2011 kami mengirimkan aplikasi kami dengan segala hal – hal yang diperlukan seperti scan akta kelahiran (+ terjemahan sendiri) sebagai bukti bahwa kami memang kurang dari 20 tahun umurnya, transkrip nilai, motivation letter, CV, dan kawan – kawannya. #SENT

... Perjuangan belum berakhir sampai di sini...

Setelah aplikasi selesai dikirim kini saatnya kami benar – benar berjuang sekuat tenaga untuk membuat paper (yang sebenarnya) agar paper itu qualified dan lolos sampai ke RUSIA mengalahkan banyak pesaing dari delegasi Indonesia terutama IPB dan UNMUL karena mereka juga ikut diundang.  (padahal yg dipilih cuma 2 orang delegasi L )

Dan aku harus menghadapi kenyataan kalau tenyata aku harus berjuang SENDIRIAN untuk hal ini. Karena temanku (CITRA GILANG QUR’ANI) ada acara di Finlandia dan dia harus berangkat sebelum paper ini siap untuk dikirim (bahkan pendahuluannya pun belum selesai T___T). Sebelum berangkat ke Finlandia Dia sempat membantu penelitian yang kami lakukan 3 hari di lereng Merapi. Dengan usaha dan kerja keras untuk melaju Motor 3 hari berturut – turut PP UGM – Merapi akhirnya data siap diolah dan dia pun terbang ke Finlandia.

--- sendiri .. #backsound ---

1 Agustus 2011 (H-15 sebelum deadline pengumpulan paper)

Okay Life must go on, right? Meski sendiri aku sadar masih punya cukup banyak energi untuk membuat semua paper beserta presentasinya dalam power poin. Dalam suasana bulan ramadhan aku nyaris melupakan amalan – amalan yang seharusnya aku lakukan. Semua ini gara – gara (paper) aku sendiri yang terlalu memikirkan duniawi (Astagfirullahaladzim maaf ya Allah). Dengan berbekal rumah tumpangan (aku pernah jadi tunawisma selama 1,5 bulan di Jogja gara – gara sebuah insiden nggak penting :p.red) satu demi satu kata - kata bahasa Inggris itu aku rangkai dalam sebuah kalimat yang kemudian membentuk paragraf lalu berakhir menjadi sebuah karya tulis utuh. Dalam proses pembuatan ini tentunya tidak selancar yang dibayangkan. Komentar dosen S ketika membaca karya tulis itu

“Dek ini sebenarnya sudah bagus tetapi kok bahasanya masih agak aneh ya? ada beberapa kata yang kurang pas untuk dipakai jadinya kaku gitu bahasanya. ”

Doeng doeng..  secepat kilat aku perbaiki segera dengan dibantu sedikit – sedikit oleh dosen S. Setelah beberapa jam aku dipersilahkan pulang dan melanjutkan paper itu.

2 Agustus 2011

Datang lagi aku ke ruang dosen. Dengan membawa paper hasil revisi yang nantinya juga masih harus direvisi lagi. Padahal paper itu baru sampai pendahuluan belum ke metode apa lagi isi dan lebih apes lagi dosen S itu juga akan pergi ke China tanggal 4 Agustus 2011 sampai 13 Agustus 2011 sedangkan batas pengumpulan paper itu 15 Agustus 2011. Sempat aku merasa syog, stress, dan nyaris menyerah. Untung saja ada banyak pihak yang mendukung dan memberikan semangat. Pokoknya saat itu yang ada dipikiranku hanya 
“Selesaikan paper apapun yang terjadi dan say NO to GIVE UP! Udah kepalang basah jadi sekalian aja aku nyemplung a.k.a TOTAL! yang penting luruskan niat dan lakukan yang terbaik yang bisa aku lakukan. “
Meski temanku itu sedang ada di lain belahan dunia sana kami tetap komunikasi via email meski dia tidak selalu bisa online tapi selalu diusahakan membalas emailku. Pokoknya yang namanya kerja di dalam tim komunikasi yang baik itu salah satu kunci sukses dan teramat sangat di butuhkan.

3 Agustus 2011

Datang lagi ke ruang dosen S. Meski kembali harus revisi tetapi sudah ada peningkatan sekarang membahas metode penelitian.

Sebagai mahasiswa yang tergolong masih seumur jagung (nggak juga sih sebenarnya) yang belum pernah mendapatkan mata kuliah metedologi penelitian silvikultur yang notabene mengajarkan tentang bagaimana membuat rancangan percobaan dan lain – lain, ketika dijelaskan oleh dosen S mengenai metode sebenarnya aku kurang begitu paham tetapi setelah sedikit memaksa otak untuk bekerja lebih keras aku mulai paham mengenai apa itu parameter, rancangan percobaan, analisis data, dkk dan langsung bergerak merangkai kata – kata dalam suatu kalimat dan menghasilkan paragraf demi paragraf. Intinya targetku sebelum dosen S melalang buana ke China minimal paperku sudah mencapai isi dan waktuku tinggal 1 hari sebelum keberangkatan dosen S. Setelah sedikit diskusi aku pamit pulang dan mengambil langkah seribu menuju rumah singgah dan mengerjakan paper sampai target isi tercapai. Berbekal data seadanya, skripsi kakak F, dan soulmateku Shiba aku mulai bergerak menyelesaikan revisi, menulis metode, dan sedikit isi. Alhasil aku bergadang. -___-a

4 Agustus 2011

Sebelum dosen S berangkat kami janji untuk bertemu pada pagi hari. Dan aku kembali menuju ruang dosen S dengan amunisi paper yang sudah aku siapkan. Dan hasilnya REVISI REVISI dan REVISI. Sempat stress dan untung karena bulan puasa emosi jadi terkontrol J #berkahpuasa
Yah oke aku terima akhirnya aku harus revisi selagi dosen S pergi. Padahal data belum dianalisis dan yang punya softwarenya hanya dosen S. Akhirnya hari itu REVISI lagi.. >__< haduhh.. parah banget!! Akhirnya karena nggak sempet ngolah data dosen S bersedia untuk mengolahkan dan nanti akan dikirim via email setelah beliau sampai di China.. dan karena sudah sore aku pun pulang.

5-11 Agustus 2011

Detik – detik menjelang deadline aku masih belum menerima data dan hasil olahannya. Bingung mau nulis apa. Sampai – sampai kakak tingkat jadi sasaran kebingungan. Tapi dengan santainya si Kakak F cuma bilang “Udahlah santai aja.. tunggu aja ibunya pulang!” (ngek?) dalam hatiku “Aaaa santai gimana maaasss?? Ini udah tanggal berapa? Deadlinenya tinggal menghitung menit.” (lebai : on). Finally I tried to write “only” everything on my mind.. masalah bagus nggak hasil tulisanku aku nggak peduli yang penting jadi. >____< (saking bingungnya). Bahkan temanku yang sedang bertugas nan jauh di sana ikut jadi sasaran kebingunganku. Haha. (sorry sob!!) yahh.. sudahlaaah.. aku kerjakan apa yang bisa ku kerjakan saja :D (kalo inget bagian ini jadi lucu sendiri haha :p)

14 Agustus 2011

H-1 sebelum deadline.. Dosen S juga sudah kembali ke Tanah Air (Alhamdulillah dapet oleh2 :p). Seperti orang yang dikejar hantu aku dan dosen S segera mempercepat langkah untuk menyelesaikan paper itu. Hanya dalam waktu 3 jam “saja” paper masih revisi. (It’s okay!! Yang penting data sudah di tangan) oh iya waktu itu data sudah di tangan dan sudah diolah oleh dosen S. (Terima kasih bu J)  Finally it was only 5 hour and we went through this kind of challenge. Paper had finished!! :D but we still had another problem that was PRESENTATION !! it hadn’t finished L ..

15 Agustus 2011 @13.00 pm

Di sini aku mulai bertarung dengan waktu (cieilee.. :p ). Deadline tinggal menghitung detik.. Meski paper sudah selelsa tetapi presentasi masih butuh revisi di beberapa bagian. Yap yap yap.. aku dikejar waktu :D Di kala itu tidak hanya paper yang aku urusin tetapi juga KRS (Kartu Rencana Studi) yang harus aku isi dan mendapatkan tanda tangan dari dosen pembimbing. Argh.. rasanyaaa nyaris gila. Yang ini belum kelar masih ditambah yang lain lagi. Hahaha. Setelah beberapa menit berlalu (sekitar 2 jam) presentasi pun selesai. (ALHAMDULILLAH .. hatiku menjerit) :D . Dengan segera aku convert dari format microsoft word / power point ke format file PDF. Yup! Semua siap dan #SENT...
Ketika email menunjukkan tanda – tanda terkirim serasa hati ini lega dan kepala ini mulai ringan kembali. Hahahaha. Oke paper beres dan sekarang tinggal KRS. (Masalah KRS ini nggak usah dibahas deh!! :p)

Hmm.. begitulah singkat cerita mengenai salah satu bentuk perjuangan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Awalnya tidak percaya dan tidak menyangka kalau ternyata paper ini akan berhasil lolos dan membawaku terbang ke Rusia..

Sebenarnya beberapa waktu setelah pengiriman aplikasi pihak penyelenggara mulai memberikan respon mereka. Mereka meminta scan paspor kami entah untuk apa. Serasa tidak percaya ternyata setelah dikroscek mereka meminta itu untuk memesan tiket pesawat dan keperluan administrasi lainnya. (WHAT?? Aku syog!! ) Sampai 3 kali kami mengecek kebenaran berita itu. Dan ternyata benar KAMI LOLOS SELEKSI !! :D

Alhamdulillah ... berkah Ramadhan..  :D

**to be continued ..


yang nyoret - nyoret,

マシュミウマ

^^ hujan semakin deras mengguyur kota Yogyakarta tercinta..
masih dengan pakaian lengkap dan keengganan untuk mencuci piring :p
mari update blog dulu... :D

saatnya cuci piring ..
jangan lupa besok puasa Arafah ya. #semangat ^^

5 comments:

  1. . hwaa..
    critanya panjang kali lebar (sama dengan luas)
    #lebai

    . tulisannya bagus bangeett..
    sarat inspirasi dan motivasi..
    sebuah perjuangan keras yang tak kenal kata 'give up' (lebai lagi)

    . so far so good..
    sugoii.!!

    ReplyDelete
  2. aigoo aigoo.. MelQuee.. ありがと。。

    jadi malu.. jangan lebai ah .. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. apiiiiiiiiiiiik seph, cuma panjangnya nggak ketulungan.ehehehe....sbenernya bru bca sekilas cuz lagi di kampus...tpi detail bget ni...bagus seph!! lanjutkan menulis!!:D

    ReplyDelete
  4. @anonim : thanks..

    @sepho : haha.. namanya juga curhat pasti panjang.. :p

    ReplyDelete