Pages

Thursday, October 9, 2014

BASARHUT (Bakti Sarjana Kehutanan) 2014

Sebenarnya ni postingan udah lamaaaaaaaa banget mau diposting, tapi emang ya godaan setan itu lebih kuat ketimbang bisikan malaikat. Udah niat mau istiqomah ngupdate blog tiap hari tapi ya emang dasarnya si satu itu penyakit M (baca : Malas) jadi batu penghalang. yah gitu deh banyaaak banget alesannya mulai nggak ada internet lah, laptop mati lah, apa lah macem - macem. Dari jaman dahulu kala sampe beberapa saat sebelum ini postingan ini masih tersimpan rapi di draft. Setelah nggak tahan lagi liat tulisan "draft" yang ada di daftar postingan aku terusin lagi dah tulisan yang membahas tentang BASARHUT.

Kalau ada yang baca postingan - postinganku sebelumnya pasti aku banyak menyebutkan kalau aku ini sedang bertugas sebagai tenaga BASARHUT. Pasti banyak yang bertanya - tanya apa sih sebenarnya BASARHUT itu. Nah kali ini akan aku paparkan secara singkat tentang BASARHUT. Oke langsung aja ...

BASARHUT Angkatan I bersama Pak Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (aku yang mana hayo?)
What is Basarhut? Makanan dari apa sih itu? #salahfokus -_-



Jadi begini ceritanya ...

Inget ga postingan terakhirku sebelum ini aku membahas tentang fase transformasiku yang awalnya jadi mahasiswa terus berubah jadi jobseeker ato scholarship hunter setelah mengarungi berbagai macam suka duka dibangku kuliah? nah sekarang alhamdulillah-nya aku sudah bertransformasi lagi be a worker not student anymore tapi tetep sih nyambi jadi scholarship hunter juga hahaha. Kali ini aku mencoba peruntungan di BASARHUT. Apaan sih itu? Penasaran?

Berawal dari ikut - ikutan uforia jadi sarjana baru (fresh graduate) yang suka apply sana sini, ikutan jobfair sana sini juga aku pun begitu suka apply sana apply sini ikutan jobfair sana jobfair sini. Setelah sempat berjuang buat jadi abdi negara yang berujung kekurangberuntungan aku berpikir buat resign dulu jadi jobseeker dan lebih milih jadi scholarship hunter sampe dapet buruannya. Eh tapinya Allah berkehendak lain. Lewat kabar kabur yang tersebar luas di kampus ada salah satu program dari kementerian kehutanan yang mau merekrut para sarjana baru buat membantu mengelola hutan di Indonesia.

Namanya BASARHUT (Bakti Sarjana Kehutanan). Menurut permenhut Nomor P.30/Menhut-II/2013 Bakti Sarjana Kehutanan yang disebut BASARHUT merupakan suatu program Kementerian Kehutanan untuk memberikan kesempatan dan pengalaman kerja untuk menumbuhkembangkan profesi di lapangan bagi lulusan Sarjana Kehutanan, Diploma 4 Kehutanan, dan Diploma 4 Penyuluhan Kehutanan, dalam rangka melaksanakan pengabdian pada negara khususnya pembangungan kehutanan.

Nah lo ! panjang banget kan? ya intinya adalah kementerian kehutanan membuka kesempatan bagi sarjana baru kehutanan baik itu S1 ato D4 untuk bekerja di bidang kehutanan.

Tahun 2014 ini dibutuhkan 120 orang sarjana kehutanan untuk disebar ke Yogyakarta dan luar Jawa mengemban amanah untuk menjalankan misi negara 'menghidupkan' KPH. FYI aja KPH itu singkatan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan. Menurut P.42/Menhut-II/2011 Kesatuan Pengelolaan Hutan yang selanjutnya disebut KPH merupakan wilayah pengelolaan hutan sesuai fungsi pokok dan peruntukannya yang dapat dikelola secara efisien dan lestari. Jadi intinya kita ditugaskan untuk melakukan pengelolaan hutan secara lestari untuk kesejahteraan masyarakat. Seperti visi dari Kementerian Kehutanan 2010 - 2014 "Hutan Lestari untuk Kesejahteraan Masyarakaat yang Berkeadilan" dimana kita ingin hutan kita lestari dan masyarakat di sekitanya pun sejahtera. Bukan tugas yang ringan sebenarnya tapi setiap ada kemauan yang tinggi pasti tetap ada jalannya, salah satunya dengan menelurakan program BASARHUT ini untuk mendapatkan SDM yang cukup dan kompeten untuk mewujudkan visi dan misi Kementerian Kehutanan tersebut. Karena KPH tidak akan dapat berjalan optimal jika tidak ada SDM yang memadai.

Sebagai seorang BASARHUT tentunya kita punya tugas - tugas yang harus dilaksanakan. Salah satunya ialah kita menjadi seorang tenaga profesional di KPH baik sebagai pendamping di UPT yang masih kurang penyuluh, sebagai pendukung penyuluhan kehutanan, atau sebagai tenaga profesional di BUMN, BUMD, BUMS, dan koperasi bidang Kehutanan. 

Disamping untuk memberikan kesempatan pengalaman kerja di lapangan bagi lulusan S1/D4 Kehutanan, program BASARHUT ini bertujuan untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan kehutanan di tingkat tapak (paling bawah yang berhubungan langsung dengan hutan dan masyarakat), meningkatkan kualitas pendampingan dan pembangunan kehutanan di tingkat tapak, dan terwujudnya tenaga profesional di bidang kehutanan. *berat kan?* tapi jangan khawatir, sebelum kita siap diterjunkan ke lapangan, terlebih dulu kita diberi pelatihan dan pembekalan tentang materi dan apa - apa saja yang kita butuhkan di lapangan oleh para ahli di Pusat Diklat (PUSDIKLAT) Kehutanan di Gunung Batu, Bogor. 

Setelah melewati beberapa proses seleksi mulai seleksi administrasi, berkas, dan wawancara akhirnya terpilihlah sebanyak 120 rimbawan yang siap untuk ditempa di Pusat Diklat Kehutanan Bogor yang akhirnya nanti akan siap untuk disebar ke wilayah KPH yang ada di Indonesia, termasuk aku yang saat ini sedang bertugas di pulau Lombok bagian Timur tepatnya di KPHL Rinjani Timur. 

Akhir tahun 2014 ini Kementerian Kehutanan membuka lagi program serupa yang diketahui bernama "Bakti Rimbawan"(BakRi/BakWan) untuk periode 2015. Akan tetapi kali ini Rimbawan - rimbawan yang dibutuhkan tidak hanya dari sarjana Kehutanan tetapi juga dari bidang ilmu yang lain. So, buat kalian - kalian yang suka jalan - jalan, berpetualang, mencari pengalaman baru, dan sekalian dapet duit nggak ada salahnya mencoba si Bakwan. ;) Informasinya bisa diklik di sini

Oh iya tenaga BASARHUT ini terikat kontrak selama 2 tahun untuk mengabdi di bawah Kementerian Kehutanan. Apabila sebelum 2 tahun kita ternyata diterima sebagai Abdi Negara (PNS.red) maka kita boleh memutuskan kontrak tersebut. Akan tetapi jika sebelum 2 tahun kita memutuskan untuk keluar maka akan kita akan dikenakan sanksi berupa mengembalikan uang negara yang telah dikeluarkan untuk kita melalui program BASARHUT ini (entah berapa jumlahnya hehehe).

"Terus gimana setelah 2 tahun?"

Pertanyaan bagus ! setelah 2 tahun, kita dibebaskan untuk mencari apa yang kita inginkan kedepannya hahahaha. Kalau KPH masih membutuhkan kinerja kita maka bisa saja kontrak kita diperpanjang tetapi bukan lagi di bawah Kementerian Kehutanan tetapi melalui KPH itu sendiri. Tapi jika KPH merasa sudah cukup dengan kita ya .... (mari kita tentukan masa depan kita sendiri selama ada kemauan pasti ada jalannya hehe) ^^

Teman -teman BASARHUT seperjuangan angkatan I (aku yang mana hayo?)
Bersama kawan seperjuangan Angkatan I BASARHUT 2014 (aku yang mana?)



Masbagik, 09102014
9.14 WITA
@Rinjani Timur Forest Management Unit Office
*warming up sebelum kerja*




37 comments:

  1. Koreksi.. disebarnya ga cm keluar Jawa Myong. Kan ada yg di Jawa..
    Hhhhh....
    Okelah. 7.5 untuk postingan kali ini. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha oke bray thanks koreksinya kkkkk gegara yg d jawa cm 1 KPH doang jd trlupakan wkwkwkkwkwk :p
      Ak apdet segera dah ..

      Delete
  2. sebelum 2 tahun kita ternyata
    diterima sebagai "Abdi Negara" (PNS.red) maka kita boleh memutuskan kontrak tersebut.
    PNS yg dimaksud adlh yg msih d dalam lingkup Kehutanan atau bisa d luar kehutanan mba??

    ReplyDelete
  3. eh uma, kamu satu KPH ama angger ya? gimana ni pengalaman kerja di Basarhut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaga zaa kita tetanggaan KPH dia di KPH Rinjani Barat aku di KPH Rinjani Timur. Pengalaman kerja? Wah banyak zaaa hahahaha tapi kerja BASARHUT di KPH tergantung sama kondisi KPHnya juga sih. Kalo di tempatku kan KPHnya masih baru jadinya kerjanya yang masih berkutat di pengelolaan batas, penataan blok, inven potensi hutannya, dkk.
      kalo di tempat Angger kan udah berdiri duluan jadinya kayaknya sih kegiatannya udah yang mulai mengembangkan potensi yang ada di KPH gitu

      Delete
  4. mau nanya nih, gaji d3 dan s1 sama gak ya? trus kalo akreditasnya s1 C bisa ikut gak? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo masalah gaji saya kurang tahu soalnya kan kalo BASARHUT itu S1/D4 jadi semuanya sama. Seingat saya sih dulu akreditasi C bisa ikut.

      Delete
    2. gaji smk. d3 dan s1 beda. selisih 200rbu

      Delete
  5. Hai Mashumi.. :) salam kenal..
    Mau tanya, bakti rimbawan itu proses seleksinya ketat ya, kalo dari univ swasta bisa kepilih ga?
    Thx before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm ... yang jelas seleksinya sesuai dengan prosedur yang ada sih . Baik dari Universitas Swasta atau Negeri asalkan pelamar sudah memenuhi persyaratan2 yang dipersyaratkan tidak menutup kemungkinan untuk terpilih hehehe

      Yang penting dilengkapi dulu syarat - syarat administrasinya karena itu seleksi yang paling awal yang dilakukan untuk menuju ke tahap berikutnya. Semoga sukses :D

      Delete
  6. Asslm k'
    Aku mau nanya sleksi wwncranya kya gmn yah? Soalnya aku dah lulus berkas dan msh bngung ntar wawancarax gmn krn aku lulusan akhntansi l. Apa iya yg dtanya ttg hutan aja?
    Mksh,mohon arahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam .. karena yang Bakti Rimbawan kali ini ga cuma dari Kehutanan aja yang dicari tentunya pertanyaannya juga bakalan lebih bervariasi tergantung sama background orang yang diwawancara hehehe.. yg penting jawab pertanyaannya apa adanya biasanya nanti pertanyaan yang muncul juga bergantung sama improvisasi jawaban - jawaban kita pas diwawancara. :) good luck buat wawancaranya semoga dilancarkan .. aminn

      Delete
  7. Aku juga lulus verifikasi berkas jurusan akuntansi. Yang aku mau tanyakan seputar wawancaranya juga itu yang ditanyakan seputar apa ya selain bidang ilmu atau background ilmunya kita ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa ya??? saya jg kurang tahu pastinya tapi biasanya pertanyaannya itu general. bisa jadi ditanyakan seputar kehutanan atau tentang KPH itu seperti apa. yah dipersiapkan saja hal - hal yang berhubungan dengan bakti rimbawan hehehe

      Delete
  8. haii salam kenal...aku lulus verifikasi berkas calon tnga kerja bakti rimbawan. tapi ko pengumuman untuk jadwal wawancara lama banget yaaa?? kata panitia nya bru disusun jadwalnya..kl yg basarhut dulu gmna? apakahharus menunggu lama spti ini juga? mohon pencerahannya trimsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa ditunggu saja dengan sabar. mungkin karena ada perubahan di pusat (penggabungan kementerian kehutanan dengan kementerian lingkungan hidup) jadi berdampak pada kelangsungan program - program yang akan dijalankan termasuk (yang dulunya) di kementerian kehutanan. kalau yang dulu sih lumayan juga nunggunya hehehe

      Delete
  9. hay,,,Salam kenal.
    berdasarkan info yg aku dapat,
    katanya panitia, dana untuk wawancara belum disediakan karena disebabkan terjadi perubahan sistem dikementerian,,,,
    Trimaka kaih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh gtu yaa..pantes lama sekaliii..krn yg di web br ada pengumuman yg ktrima untuk yg smk saja..sdgkn utk wawancara D3/S1 blm ada kelanjutannya...terimakasih infonya yaaa

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah setelah nunggu lama akhirnya pengumuman untuk wawancara sudah keluar. buat teman2 semua semoga sukses yaaaa semangatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :) good luck semuanyaaaa! selamat berjuang semoga dilancarkan ^^

      Delete
  12. Lah rme amat seeeeph blog kamu komennya syangnya anonim semuaaaaaa....
    tumben amt lu cerita pake gaya beginian yg casual gmn gtuuu aku pkir ini bhsa inggris lagi. But good then just keep writing dude!!!

    Foto pertama, lo yg kedua sebekah kiri barisan tengah pake jilbab iteeeeem

    ReplyDelete
    Replies
    1. heol ~ I never expect you to read this hahaha but thanks eniwei. Indeed this story is about something a bit formal and common wkwkkkwk I do.

      that's dark blue scarf actually :p

      Delete
  13. Maaf Mba mau nanya soal pakaian buat wawancar tahun lalu Ditentukan atasan putih bawahan gelapa atau bebas asalkan rapi dan sopan ? di lampiran tidak tertulis. Daripada sudah sampai tempat wawamcara saltum. mohon sharenyaa Mba, nuhun :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun lalu tidak ditetapkan dress codenya hehehe yang penting rapi dan sopan ajah :)

      Delete
  14. mw nanya...kalau misalnya diterma jadi tenaga bakti rimbawan... tempat tnggalnya gymana??? difasilitasi ataw kita cari sendiri ya??? kalau dari luar daerah ada tunjangan lain2 nya ya???

    ReplyDelete
  15. yang sudah dpt giliran intrvw mohon sharing infonya...saya br dpt giliran besok jumat
    siang trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. wawancaranya biasa aja,,, nanya seputar pengalaman kerja n pertanyaan pskologis.... pakaiannya yang penting rapi n sopan...

      Delete
    2. untuk salary buat saya agak mengecewakan..assesor yg intrvw blg kl salary smua daerah penempatan sama..karena saya sudah ada pengalaman kerja d luar jawa, saya merasa dengan salary segtu dgn intensitas kerja dan penempatan kerja nya kurang sesuai...(cuma sekedar sharing saja)

      Delete
  16. iya, untuk gaji katanya di semua daerah sama, tp ktanya bkal sering kegiatan diluar dan itu psti dapat fee lgi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaji semua sama tp kl fee nya itu kan tergantung anggaran masing2 daerahnya

      Delete
  17. Mba kira2 tau ga besarnya penlaty jika resign sebelum habis kontrak? Mencapai puluhan juta kah? Terimakasih

    ReplyDelete
  18. besarnya gaji kira" berapa y sama fasilitas yg didapet? kemaren assornya keburu habis waktu buat nanya".

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl yg S1 itu gaji pokok 2,6 jt...biaya kos 500rbu..dan masih ada uang lain katanya tapi nominal dsesuaikan anggaran tergantung KPH masing2. tapi maaf kl buat saya itu gajinya agak kurang sesuai karena semua dipukul rata. jika dilihat dri daerahnya kn sangat jauh berbeda. misal yg d carita jabar sm d papua dgn gaji yg sama...alhamdulillah saya dtrima dgn penempatan kalsel tapi blm konfirmasi utk kehadiran diklat di bogor dan hari ini tgl27 max konfirmasinya

      Delete
    2. gaji utk : SMK 2,2 + 500
      D3 2,4 + 500
      S1 2,6 + 500
      dari jawa sumatra kalimantan sulawesi sampai papua sama

      Delete
  19. salam kenal dari aceh...

    boleh tau pinnya mba...
    mana tau bisa tukar info tntang bakti rimbawan.

    ReplyDelete