Pages

Sunday, January 22, 2012

Berwudhu (Bukan Sekedar Ritual Basuh -basuh) :)

pinjem gambar dari http://rohissmoephy.blogspot.com


Mari kita renungkan sejenak.. sebenarnya apa yang membuat kita berwudhu?

:)
Berwudhu yang selama ini kita lakukan ternyata bukan sekedar ritual basuh - basuh biasa. Memang benar berwudhu merupakan sebuah sunnah yang hukumnya wajib ketika kita akan sholat. Berwudhu sebagai salah satu cara untuk menghilangkan hadas kecil. (begitu kira - kira pelajaran berwudhu yang diajarkan sewaktu di sekolah dulu) Akan tetapi TERNYATA dibalik semua itu terdapat suatu makna yang mendalam ketika kita berwudhu.



Berwudhu ternyata merupakan salah satu cara kita untuk senantiasa membersihkan diri dan hati dari dosa - dosa kita. Ada sebuah hadis yang mengatakan bahwa ketika kita berwudhu maka dosa - dosa yang telah kita perbuat akan senantiasa berguguran seiring dengan tetesan air wudhu yang menetes. (subhanallah) Oleh karena itu kita senantiasa harus memperbarui wudhu kita agar dosa - dosa kita juga ikut berguguran (InsyaAllah).

Di samping itu Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa kelak beliau merindukan saudara - saudara Beliau sekalipun saudara tersebut belum pernah melihat Rasulullah, yaitu umat Beliau (termasuk kita - kita ini #InsyaAllah) dan salah seorang sahabat pun bertanya "Ya Rasul bagaimana Engkau bisa membedakan saudara - saudaramu itu yang bahkan Engaku pun belum pernah melihat wajahnya?" dan kemudian Rasul pun menjawab "Dari wudhunya. Saudara saudara yang kurindukan akan terlihat lebih bersinar karena wudhunya."

"Wudhu bukanlah sesuatu yang sederhana dalam kehidupan seorang Muslim, karena ia selalu membuatnya berenergi dan bercahaya ." (Syaikh Ibrahim An Nu'aimi)

Ternyata wudhu selain menggugurkan dosa kita juga menjadi suatu identitas kita di akhirat kelak bahwa kita adalah saudara - saudara yang dirindukan oleh Rasulullah karena barang siapa yang selalu berwudhu maka dia akan terlihat lebih terang bersinar dibandingkan yang lainnya bak kuda putih yang bersinar terang diantara kuda kuda lainnya yang berwarna pekat sehingga Rasulullah pun akan mudah untuk mengenali kita begitu pula dengan kita yang akan mudah mengenali Rasulullah karena Beliau pun bercahaya. Subhanallah...

So? Siapa yang mau kelak akan terlihat lebih terang dan dikenali Rasulullah?

Mari senantiasa kita selalu perbaharui wudhu kita !!

pinjem gambar dari http://muslimahbelajar.wordpress.com
"Air wudhu bukan hanya sekedar air biasa tetapi bagaikan cahaya yang bersinar terang"
Semoga bermanfaat!!!

Source : Kultum mingguan :)

melepas penat sejenak
seusai menghadiri sidang umum KMFKT dan akan segera ngerjain laporan
hoho
with my beloved shiba
warmly,
マシュミウマ


3 comments:

  1. Assalamu'alaikum...
    Alhamdulillah sngat bermanfaat...
    terimakasih ya...

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum...
    subhannallah .
    hebat sekali anugrah yang diberikan Allah S.W.T
    t'Rima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  3. Waalaikumsalam..
    Alhamdulillah tulisan sederhana ini bisa membawa manfaat .. :)

    ReplyDelete