Pages

Tuesday, July 6, 2010

Belajar dan Belajar dan Belajar

apa yang kalian pikirkan pertama kali ketika kalian mendengar kata "belajar"?
buku?
pelajaran?

berdasarkan survey kebanyakan orang ketika mendengar kata belajar pikirannya pasti menuju ke pelajaran dan itu menyangkut akademis.
hmm
apa iya?

sebenarnya belajar itu apa sihh?
belajar ya belajar!
apa ya?

saya sendiri juga bingung sebenarnya belajar itu apa sih?
kalau menurut saya belajar itu mencari ilmu dan ilmu itu buka hanya dengan diukur dengan nilai (kalau masih sekolah) atau IP (kalau sudah kuliah)

menuntut ilmu itu WAJIB hukumnya.
karena hidup kita tidak akan berarti tanpa ilmu.
salah satu amalan yang akan abadi sampai kita mati nanti itu ILMU YANG BERMANFAAT.
kenapa?
karena walau kita mati ilmu kita yang bermanfaat itu akan terus mengalir manfaatnya kepada orang lain.

LALU?
lalu bagaiman acaranya kita menuntut ilmu yang baik dan benar?

Saya terkadang miris sekali ketika saya sedang mengikuti sebuah ujian melihat kelakuan teman - teman saya yang istilahnya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hasil yang bagus.
Apa itu yang namanya mencari ilmu?
Apa itu yang namanya belajar?
Apa ilmu kita hanya diukur dengan IP? Nilai bagus? dan lebih parahnya DENGAN CARA YANG KURANG HALAL?

Tidak munafik memang IP, NILAI yang bagus itu penting tapi apa dibenarkan mendapatkan hasil yang bagus dengan cara yang seperti itu?
TIDAK!
SAMA SEKALI TIDAK dibenarkan!
Lalu apa bedanya kita dengan orang yang tidak berilmu?

Sudah tahu itu salah masih juga dilakukan!
Dan LEBIH PARAHNYA hal - hal semacam itu sepertinya sudah mendarah daging dalam diri kita!
Aduuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh~

PARAH!

Bagaimana Indonesia mau maju kalau masyarakatnya masih membudidayakan budaya yang semacam itu?
Selama ini saya sudah mencoba untuk menekan kebiasaan ini dan saya bersyukur setidaknya itu sudah bekerja pada diri saya.
tapi masih susah pada orang - orang sekitar saya.
Lingkungan itu sangat berpengaruh. Terkadang saya juga masih terjerat dengan hal semacam itu. Tapi saya berusaha untuk menekan dan menekan itu.
Semoga saya bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa merealisasikan doa orang tua saya yang mereka bubuhkan dalam NAMA SAYA!


Ya Allah Maafkan saya dan Tolonglahhh sayaaaaaaaaaa!


Salam Kebaikan dari Sayap Terkembang

2 comments:

  1. iya ya.. bobrok banget Indonesia kalau dari mahasiswa aja udah kayak gitu.. orientasinya cuma biar dapat pekerjaan enak sih..
    ngomong-ngomong foto siapa tuh?

    ReplyDelete
  2. gag cm mahasiswa tp ktika jd siswa pun uda spt it~
    hal mcm it rasany ud mndarah daging n sptny Qt ud d doktrin kalo hal mcm it gag salah~
    it adl suatu hal yg WAJAR!
    Heran heran~

    ohoho itu sy pas msh kcil n sy rs pas it sy msh jd "BAIK" dan pkrn sy prilaku sy blm "TERCEMAR"~
    yah bwd intermezzo aja sh ngingetin betapa INDAHnya hidup sy kala itu~
    msh senang dan serasa tanpa beban~
    msh bs tertawa dg lepas tanpa gangguan~
    ohoho~

    ReplyDelete