Pages

Saturday, May 12, 2012

Praktikum Silvikultur Hutan Tanaman - Pelatihan Pengambilan dan Pengolahan Data


Yogyakarta – Praktikum Silvikultur Hutan Tanaman yang dilaksanakan pada hari Sabtu (12/5/12) telah berjalan dengan lancar. Sekitar 18 mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM yang mengambil mata kuliah praktikum Silvikultur Hutan Tanaman melaksanakan praktikum ini dengan antusias. Dibawah bimbingan 3 orang coass, praktikum yang diadakan di Petak 13 Hutan Pendidikan Wanagama 1 Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta dan di Fakultas Kehutanan ini telah berhasil memberikan pelajaran mengenai metode pengambilan dan pengolahan data yang benar sehingga dapat menghasilkan hasil penelitian yang baik.

peserta praktikum sedang beristirahat setelah selesai mengambil data.

Berdasarkan pengakuan salah seorang coass yang bertanggung jawab atas berlangsungnya praktikum ini, kegiatan praktikum Silvikultur Hutan Tanaman salah satunya ditujukan untuk memberikan pelatihan bagi mahasiswa mengenai bagaimana cara mengambil dan mengolah data penelitian yang baik dan benar.
“Data merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan suatu penelitian sehingga metode pengambilan data sangat menentukan hasil yang didapatkan”, tutur salah seorang coass. Seperti yang dikatakan juga oleh salah seorang dosen mata kuliah metode penelitian Silvikultur “Garbage in Garbage out” yakni jika data yang dimasukkan merupakan data “sampah” maka hasil olahan data yang keluar pun akan menjadi “sampah”. Oleh karena itu metode pengambilan data yang benar sangat mempengaruhi hasil yang akan diperoleh. 

Praktikum ini memakan waktu sekitar 5 jam yang efektif.  Waktu 3 jam pertama dialokasikan untuk melakukan pengambilan data di Petak 13 Hutan Pendidikan Wanagama 1 yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengolahan data di laboratorium Komputer Fakultas Kehutanan UGM yang memakan waktu sekitar 2 jam. Meski perjalanan yang ditempuh untuk mencapai lokasi praktikum cukup memakan waktu akan tetapi hal tersebut tidak mengurungkan semangat 18 mahasiswa tersebut untuk melaksanakan praktikum ini. Terlebih lagi pemandangan yang disuguhkan oleh Hutan Pendidikan Wanagama 1 yang indah dapat menghilangkan sedikit penat dan lelah. 


salah satu pemandagan di wanagama.

Menurut penuturan salah satu mahasiswa praktikum yang enggan untuk disebutkan namanya praktikum ini sangat bermanfaat karena dapat mengajarkan mahasiswa untuk mengambil dan mengolah data dengan metode yang baik dan benar sehingga dapat menjadi bekal ketika melakukan penelitian dalam menyusun skripsi. (MU)

#skilldevelopmentproject

No comments:

Post a Comment